a a a a a
logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Amman Mineral Rencana Bangun Smelter Berkapasitas 1 Juta Ton

Amman Mineral Rencana Bangun Smelter Berkapasitas 1 Juta Ton<br>
JAKARTA – Rencana pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) konsentrat PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) direncanakan memiliki 1 juta ton per tahun.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Ariyono mengatakan rencana pembangunan smelter AMNT masih berkapasitas 1 juta ton per tahun. Namun, bila perusahaan tersebut melakukan pengembangan tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan kapasitas produksi sebesar 2 juta ton per tahun.

“AMNT masih (kapasitas) 1 juta. Kapasitas 2 juta itu kalau (AMNT) bekerja sama. Kalau ngga, ya ngga,” ujar Bambang, Jakarta, Kamis (8/7).

Saat dikonfirmasi, apakah AMNT membangun smelter kemungkinan bekerjasama dengan PT Freeport Indonesia? Bambang mengakui tidak tahu. “Ngga tau kalau itu,” tuturnya.

Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tengara (AMNT) Rachmat Makkasau mengatakan rencana pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) sudah dalam tahap studi kelayakan. Hasil studi ini diharapkan selesai pada Agustus 2017.

“Kita fokus ke selection technology-nya dulu, pakai apa dulu segala macam. Jadi masih dalam proses pengembangan dulu. Jadi belum ada join-joinan. Tapi ya kita terbuka,” tuturnya.

Dikatakannya, manajemen belum berpikir dengan siapa perusahaan akan bermitra untuk pembangunan smelter yang direncanakan mempunyai kapasitas 2 juta ton konsentrat per tahun.

“Kalau joinnya itu urusan belakangan lah,” tuturnya.

Saat ini, kata dia, manajemen masih mengkaji kebutuhan listrik untuk smelter. “Kita masih review kebutuhan listrik kita sampai untuk rencana jangka panjang kita ke depan,” pungkasnya.