a a a a a
logo
Short Landscape Advertisement Short ~blog/2022/2/1/pak prihadi
Bersama Kita Membangun Kemajuan Industri Smelter Nasional
News

Pabrik Listrik, Menteri Luhut Mendadak Cemas Karena Ini

Pabrik Listrik, Menteri Luhut Mendadak Cemas Karena Ini
TRIBUNJAMBI.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Panjaitan cemas setelah China berhasil menjadikan Indonesia sebagai pabrik listrik.

Indonesia memiliki sumberdaya nikel yang kini jadi incaran China.

Investor besar lainnya berduyun-duyun ke Indonesia, yang memiliki berbagai elemen mineral yang dibutuhkan untuk mengubahnya menjadi salah satu produsen baterai lithium dan mobil listrik terkemuka di dunia.

“Kami mengundang semua orang dan tidak ada yang datang, kecuali orang China,” kata Luhut dalam sebuah wawancara. “Jadi mereka disambut dan mudah ditangani.”

Ini bukan pertama kalinya Luhut membela peran China yang semakin meningkat dalam perekonomian Indonesia.

"Suka atau tidak, senang atau tidak senang, apa pun yang dikatakan, China adalah kekuatan dunia yang tidak bisa diabaikan," katanya pada kuliah umum virtual tahun lalu. “Anda tidak bisa menghindari fakta di lapangan.”

Kepentingan Eropa sering tetap terfokus hanya pada satu tingkat proses manufaktur.

Melansir Asia Times, Kamis (4/2/2021), sementara pengisian daya keras China sedang mengembangkan rantai pasokan yang terintegrasi penuh, dari baja tahan karat dan baterai lithium hingga bahkan kawat tembaga dan produk jadi lainnya.

Seperti yang dikatakan Luhut: “Sepanjang jalan.”
Prototipe mobil listrik LeEco asal China yang dinamai LeSEE.

“Indonesia akan naik dari produsen dan pengekspor bahan mentah menjadi pemain penting dalam rantai pasokan dunia, di mana baterai lithium mencapai 40% dari total biaya mobil listrik,” kata Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Tak seorang pun kecuali China yang bersedia mengambil risiko memasukkan uang ke Indonesia,” kata seorang ahli pertambangan asing yang telah mengunjungi Taman Industri Morawali di Sulawesi Tengah.

Taman Industri Morawali adalah lokasi salah satu dari dua kompleks pengolahan nikel milik Tsingshan's Steel di Indonesia timur.

Sebagai gambaran, dia mengingat seorang insinyur China yang memberitahunya selama tur di pabrik: “Kami melihat angkanya dan mencari tahu apakah kami akan berada di 25% terendah dalam hal biaya produksi. Setelah kami menentukannya, kami tahu kami tidak akan pernah bisa gulung tikar. "

Sering dijuluki "Menteri Segalanya", Luhut sangat sadar akan pembicaraan tentang Beijing.

“Mereka (orang Indonesia) kadang tidak mengerti,” katanya. “Tapi mereka tidak bisa menyalahkan saya lagi. Saya juga memiliki hubungan yang baik dengan orang Amerika dan saya memiliki hubungan yang baik dengan Abu Dhabi.”

Korea Selatan merupakan pembuat baterai lithium LG Chemical dan produsen mobil Hyundai baru-baru ini mengumumkan investasi baru senilai $ 11,3 miliar yang akan memberi mereka peran utama dalam industri mobil listrik yang masih baru.

Luhut dan timnya juga telah melakukan empat putaran pembicaraan dengan raksasa otomotif Amerika Tesla, produsen utama paket baterai lithium yang minatnya di Indonesia terletak di beberapa daerah yang beragam, termasuk lokasi landasan peluncuran roket SpaceX masa depan di Biak, Papua.

Selain industri, Luhut juga telah menjadi tokoh terkemuka di balik dana kekayaan kedaulatan Indonesia yang direncanakan, yang telah menarik janji awal dari US International Development Finance Corp (IDFC) dan Abu Dhabi Investment Authority (ADIA), badan yang mengelola kelebihan cadangan minyak emirat.

Perencana pemerintah mengatakan pengenalan kendaraan listrik di pasar domestik dan dorongan bersama ke tenaga surya, akan membantu mengurangi impor energi Indonesia sebesar $ 21,2 miliar setidaknya sepertiga dan juga memanfaatkan 8.000 megawatt kelebihan pasokan di jaringan listrik Jawa-Bali.
ilustrasi
ilustrasi (kompas.com)

Luhut dan pejabat senior lainnya yakin bahwa insentif dalam Omnibus Law Cipta Kerja yang baru disahkan kini telah memberi Indonesia keunggulan kompetitif.

Luhut kembali pada terminologi militer dalam menjelaskan apa yang dia sebut "aturan keterlibatan" untuk calon investor - teknologi kelas satu, nilai tambah, mayoritas tenaga kerja Indonesia, transfer teknologi dan kesepakatan bisnis-ke-bisnis saja.

Namun, tenaga kerja terampil masih menjadi masalah.

Menemukan pegawai untuk posisi teknis menjadi kendala di Morawali.

Misalnya, setelah pegawai ditemukan tingkat pendidikan siswa SMA yang tidak memenuhi standar yang disyaratkan untuk masuk ke politeknik yang baru berdiri.


https://jambi.tribunnews.com/2021/02/10/china-berhasil-jadikan-indonesia-pabrik-listrik-menteri-luhut-mendadak-cemas-takut-ini-terjadi?page=all.

Editor: Teguh Suprayitno